Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian di toko bahan bangunan CV.Cipta Perkasa Jaya
Konsep
kualitas telah menjadi faktor yang dominan terhadap keberhasilan suatu
organisasi hal ini juga diadopsi lembaga penyelenggara jasa komersil kesadaran
akan pentingnya kualitas pada tingkat global dipacu oleh keberhasilan. Pada
dasarnya terdapat orientasi kualitas yang seharusnya konsisten satu sama lain
(1) persepsi konsumen, (2) produk dan (3) proses. Untuk produk yang berwujud
barang, ke 3 orientasi ini hampir selalu dapat dibedakan dengan jelas, tetapi
tidak untuk jasa. Dualisme pelayanan sebagai proses (jasa) dan produk sudah
semakin menyatu, bahkan dapat dikatakan bahwa dalam setiap produk melekat unsur
pelayanan. Dengan kata lain bahwa hampir tidak ada produk yang tidak ada
perusahaan yang benar-benar manufaktur murni, karena dalam perusahaan tersebut
unsur jasa tetap ada, bahkan cenderung dominan. Dan organisasi memiliki tujuan
yang jelas dan dikaitkan langsung dengan ”kualitas produk”.
Perancangan
suatu produk dan penetapan harga dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dari pasar
sasaran yang telah ditentukan. Produk dan harga menjadi salah satu elemen
penting dalam keberlangsungan suatu pasar. Pemasaran tidak akan dapat
menentukan harga, strategi promosi atau saluran distribusi sebelum perusahaan
menentukan produk yang akan dijualnya. Titik awal dalam mencapai tujuan
perusahaan adalah dengan menciptakan bauran produk yang tepat untuk pasar
sasarannya, yaitu memilih secara benar produk yang akan ditawarkan oleh
perusahaan kepada pasar sasarannya dan menetapkan harga yang sesuai. Konsumen
selalu berkeinginan untuk mendapatkan produk yang sesuai dengan harapannya.
Kualitas produk dan harga yang baik dari konsumen terhadap suatu produk menjadi
salah satu faktor penting dan menjadi salah satu alasan dalam membuat keputusan
pembelian pada produk tersebut.
Perusahaan
juga memperhatikan penetapan harga yang sesuai dengan daya beli
konsumen.Perusahaan menyadari bahwa kualitas produk yang baik dan penetapan
harga yang tepat merupakan dorongan yang sangat penting untuk menciptakan
penjualan. Perusahaan yang berkinerja baik dan menjaga kualitas setiap
produknya menjadikan konsumen bersedia melakukan pembelian pertama atau mungkin
kemudian berkeinginan untuk melakukan pembelian berikutnya (berulang-ulang).
Pertimbangan
dalam menetapkan harga pada suatu mereksemen, perlu untuk diperhatikan bagi
perusahaan. Hal ini dikarenakan kesesuaian harga yang tepat dengan daya beli
menjadi salah satu faktor konsumen dalam membuat suatu keputusan
pembelian.Kualitas produk dan penetapan harga merupakan salah satu media
pemasaran suatu perusahaan. Kualitas mempunyai pengaruh langsung terhadap
kinerja suatu produk atau jasa yang dapat mendekatkan pada nilai kepuasan
konsumen dan keputusan dalam menggunakan produk tersebut. Faktor-faktor yang
terdapat dalam suatu produk menjadikan produk itu sesuai dengan tujuan dan
kebutuhannya sehingga konsumenlah yang menentukan tujuan pokok tersebut dan
menggunakannya.
Komentar
Posting Komentar