Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian di toko bahan bangunan PT.Cipta Perkasa Usahatama
Konsep kualitas telah menjadi faktor yang dominan terhadap keberhasilan suatu organisasi hal ini juga diadopsi lembaga penyelenggara jasa komersil kesadaran akan pentingnya kualitas pada tingkat global dipacu oleh keberhasilan. Pada dasarnya terdapat orientasi kualitas yang seharusnya konsisten satu sama lain (1) persepsi konsumen, (2) produk dan (3) proses. Untuk produk yang berwujud barang, ke 3 orientasi ini hampir selalu dapat dibedakan dengan jelas, tetapi tidak untuk jasa. Dualisme pelayanan sebagai proses (jasa) dan produk sudah semakin menyatu, bahkan dapat dikatakan bahwa dalam setiap produk melekat unsur pelayanan. Dengan kata lain bahwa hampir tidak ada produk yang tidak ada perusahaan yang benar-benar manufaktur murni, karena dalam perusahaan tersebut unsur jasa tetap ada, bahkan cenderung dominan. Dan organisasi memiliki tujuan yang jelas dan dikaitkan langsung dengan ”kualitas produk”.
Perancangan suatu produk dan penetapan harga dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dari pasar sasaran yang telah ditentukan. Produk dan harga menjadi salah satu elemen penting dalam keberlangsungan suatu pasar. Pemasaran tidak akan dapat menentukan harga, strategi promosi atau saluran distribusi sebelum perusahaan menentukan produk yang akan dijualnya. Titik awal dalam mencapai tujuan perusahaan adalah dengan menciptakan bauran produk yang tepat untuk pasar sasarannya, yaitu memilih secara benar produk yang akan ditawarkan oleh perusahaan kepada pasar sasarannya dan menetapkan harga yang sesuai. Konsumen selalu berkeinginan untuk mendapatkan produk yang sesuai dengan harapannya. Kualitas produk dan harga yang baik dari konsumen terhadap suatu produk menjadi salah satu faktor penting dan menjadi salah satu alasan dalam membuat keputusan pembelian pada produk tersebut.
Perusahaan juga memperhatikan penetapan harga yang sesuai dengan daya beli konsumen.Perusahaan menyadari bahwa kualitas produk yang baik dan penetapan harga yang tepat merupakan dorongan yang sangat penting untuk menciptakan penjualan. Perusahaan yang berkinerja baik dan menjaga kualitas setiap produknya menjadikan konsumen bersedia melakukan pembelian pertama atau mungkin kemudian berkeinginan untuk melakukan pembelian berikutnya (berulang-ulang).
Pertimbangan dalam menetapkan harga pada suatu mereksemen, perlu untuk diperhatikan bagi perusahaan. Hal ini dikarenakan kesesuaian harga yang tepat dengan daya beli menjadi salah satu faktor konsumen dalam membuat suatu keputusan pembelian.Kualitas produk dan penetapan harga merupakan salah satu media pemasaran suatu perusahaan. Kualitas mempunyai pengaruh langsung terhadap kinerja suatu produk atau jasa yang dapat mendekatkan pada nilai kepuasan konsumen dan keputusan dalam menggunakan produk tersebut. Faktor-faktor yang terdapat dalam suatu produk menjadikan produk itu sesuai dengan tujuan dan kebutuhannya sehingga konsumenlah yang menentukan tujuan pokok tersebut dan menggunakannya.
Komentar
Posting Komentar